Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini * Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini

Wednesday, June 25, 2014

HMPS PBA

Sejarah HMPS PBA
Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) merupakan organisasi yang menaungi aktifitas dan aspirasi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Pekalongan. HMPS PBA berawal dari sebuah musyawarah mahasiswa prodi PBA pada tanggal 15 Februari 2010. Dan tercatat bahwa tanggal 22 Februari 2010 sebagai hari lahirnya. Antusias dan partisipasi mahasiswa Prodi PBA yang sangat besar menjadikan HMPS PBA semakin berkembang dan tumbuh. Sehingga dalam usia mudanya (tiga tahun), HMPS PBA telah dapat menjadi organisasi yang mandiri dan independen.
            Tongkat estafet kepengurusan berjalan dengan baik dan lancar. Diawali Ketua Umum pertama,  oleh M. Robith Authon (2010-2011) dan kepengurusannya adalah tonggak awal berkibarnya panji HMPS PBA. Dilanjutkan Ketua Umum kedua, oleh Ahmad Fahmika (2011) dan kepengurusannya yang berhasil mendongkrak HMPS PBA menjadi lebih aktif. Di tahun ketiganya, amanat mahasiswa PBA dipercayakan kepada Pengurus HMPS PBA periode 2012 yang diketuai oleh Murtadho yang selanjutnya diteruskan oleh M. Khadziq Alami sebagai ketua umum 2013 beserta jajaran kepengurusannya. Sebagai pembinanya, Ibu Dr. Sopiah, M.Ag masih tetap setia memberikan motivasi dan arahan bagi segenap pengurus dan anggota HMPS PBA STAIN Pekalongan.
            Selasa, 31 Januari 2012 merupakan hari dilaksanakannya “Pelantikan Pengurus HMPS PBA Periode 2012” yang alhamdulillah terlaksana bersama dengan pelantikan pengurus HMJ Tarbiyah dan HMPS PAI. Sejak itulah segenap pengurus HMPS PBA periode 2012 menyatakan dan mengikrarkan janji untuk mengemban amanat dan tanggung jawab mulia menjadi organisator HMPS PBA dengan sebaik-baiknya.
Visi dan Misi
Dengan berlandaskan AD/ART dan GBHO, pengurus periode 2012 telah berusaha menyusun Program Kerja HMPS PBA. Program kerja tersebut disusun sebagai upaya riil untuk mencapai “Visi dan Misi HMPS PBA” sebagai berikut :
I.                   Visi :
“Mewujudkan Mahasiswa yang Mandiri, Ulet, dan Intelek dalam Pembangunan Pendidikan Bahasa Arab”
II.                Misi :
~ Memupuk, membina, serta meningkatkan kekeluargaan dan kerjasama antar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Pekalongan.
~ Menggali dan mengembangkan potensi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Pekalongan guna mendukung pembangunan nasional sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.
~ Mengembangkan kajian ilmiah, khususnya bidang Pendidikan Bahasa Arab sebagai sumbangsih terhadap usaha pencerdasan kehidupan bangsa Indonesia.
            Sejalan dengan Visi dan Misi tersebut, HMPS PBA periode 2012 mempunyai arah dan tujuan sebagai berikut :
1.      Melakukan penguatan internal, seperti study club, mufrodat, club minat bakat, dan lain-lain dengan tujuan untuk meningkatkan mutu kualitas Bahasa Arab mahasiswa Prodi PBA.
2.      Mengupayakan mahasiswa Prodi PBA agar lebih aktif dan kreatif untuk menjadi pemprakarsa dalam rangka pembentukan “Lingkungan Bahasa (Bi`ah al-Lughowi) di STAIN Pekalongan”.
3.      Menghidupkan minat baca dan diskusi mahasiswa Prodi PBA dengan tujuan untuk menjaga nilai-nilai keilmiahan bagi kalangan mahasiswa.

4.      Menggugah jiwa kritis sosial mahasiswa Prodi PBA sebagai perwujudan dari “Agent Social of Changes” dalam menghadapi dan mengatasi fenomena sosial, khususnya di lingkungan STAIN Pekalongan.

Reaksi: