Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini * Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini

Wednesday, June 25, 2014

HMPS Ekonomi Syari'ah

SEJARAH HMPS EKONOMI SYARIAH


Dimotori oleh Amir Mahmud (Ketua HMPS EKIS 2006-2007) dan kawan-kawan mahasiswa prodi ekonomi islam angkatan 2005 dan didukung oleh Ka.Prodi Ekonomi Islam saat itu, A.M.M. Khafid Ma’shum, M.Ag., tepatnya pada tanggal 26 April 2006 terbentuklah sebuah organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam (HMPS EKIS). Sebagai sarana untuk menyalurkan bakat serta kreatifitas mahasiswa, demi terwujudnya mahasiswa yang kreatif, inovatif, profesional, responsif, dedikatif, kritis serta dapat menggunakan intelektual profetiknya.
Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam yang sadar akan hak dan kewajibannya serta peran dan tanggungjawabnya atas keseluruhan persoalan dan permasalahan yang dihadapi, baik di kampus maupun di masyarakat. Seluruh mahasiswa prodi Ekonomi Islam menghimpun diri dalam wadah keorganisasian kemahasiswaan (HMPS EKIS). Tidaklah salah apabila sebagian mahasiswa ekonomi Islam yang memiliki banyak Inisiatif, Ide-ide besar akhirnya menyalurkan kreatifitasnya melalui HMPS Ekonomi Islam.
HMPS Ekonomi Islam merupakan lembaga mahasiswa di tingkat Program Studi, dalam hal ini tentunya Program Studi Ekonomi Islam. HMPS Ekonomi Islam berada di bawah koordinasi dan pengawasan HMJ Syari’ah.
Hanya dengan satu tahun masa kepengurusan, Himpunan Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam diharuskan dapat melakukan perubahan-perubahan yang mengarah pada kemajuan dan kestabilan kondisi sosial, ekonomi yang saat ini diimpi-impikan oleh masyarakat. Oleh karena itu, seluruh mahasiswa ekonomi Islam berhak duduk dalam kepengurusan dan wajib memberikan kontribusinya.
Partisipasi aktif yang dilakukan merupakan bentuk rasa solidaritas antar sesama mahasiswa, baik didalam kampus maupun diluar kampus. Diluar kampus kita bergabung dengan FoSSEI (Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam) yang mana FoSSEI ini merupakan kesatuan dari KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) yang ada di perguruan tinggi masing-masing. HMPS EKIS sendiri telah membentuk KES (Kajian Ekonomi Syari’ah) sebagai wahana diskusi keilmuan ekonomi Islam di STAIN Pekalongan.
Sebagai sarana alternatif transformasi keilmuan, guna mengaplikasikan dan mewujudkan teori-teori dan konsep-konsep yang telah dipelajari. Dalam kesempatan yang lain kita juga membuka kesempatan untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pakar ataupun praktisi ekonomi, baik syari’ah ataupun konvensional, untuk terus berupaya membumikan ekonomi syari’ah di negeri ini, dan merekontruksi sendi-sendi perekonomian yang berbasis keadilan umat.

Visi & Misi 
Visi :

Terbentuknya mahasiswa ekonomi syariah yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual serta ikut andil dalam membumikan Islam dalam bidang Ekonomi. 


 Misi :

  1. Memaksimalkan Pendayagunaan Sumber Daya yang Tersedia Beserta Seluruh Potensinya
2.      Terciptanya sumber daya insani yang mandiri, tangguh dan berkepribadian
  1. Menampung dan Menyalurkan Aspirasi Mahasiswa Ekonomi Islam
  2. Mengembangkan Potensi Intelektual Mahasiswa Ekonomi Islam yang kuat secara Spiritual dan Emosional
  3. Membentuk Sistem Demokrasi di Lingkungan Mahasiswa Ekonomi Islam
  4. Memberikan Pelayanan yang Intensif kepada Mahasiswa Ekonomi Islam
  5. Membumikan Islam dalam bidang Ekonomi


Reaksi: