Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini * Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini

Wednesday, June 25, 2014

HMPS PAI

Sejarah HMPS PAI STAIN Pekalongan
Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (HMPS PAI) merupakan organisasi kemahasiswaan yang bertujuan sebagai wadah aspirasi mahasiswa PAI dalam membangun citra diri dari program studi PAI yang sesuai dengan tuntutan zaman.  Organisasi ini berdiri pada tanggal 14 februari 2010. Sebelumnya juga sempat berdiri HMPS D2 PAI karena dahulu ada Program Studi Diploma2 PAI di STAIN Pekalongan, ketika Prodi tersebut di hapuskan maka HMPSnya pun ikut di hapuskan. Karena keberadaan HMPS bergantung dari Program Studinya.
Sejak awal berdiri Program Studi Strata1 PAI, Mahasiswa PAI berada dalam naungan HMJ Tarbiyah, karena pada waktu itu Program Studi PBA belum muncul, maka HMJ Tarbiah di rasa cukup sebagai wadah mahasiswa PAI. Kemudian semenjak munculnya Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dan di susul berdirinya HMPS PBA pada bulan Februai 2010, maka pada bulan yang sama mahasiswa PAI yang di motori sahabat Abdul Adhim dan kawan-kawan melaksanakan musyawarah dalam rangka pembentukan suatu organisasi sebagai wadah bagi mahasiswa PAI secara khusus dengan diikuti perwakilan dari seluruh kelas Program Studi PAI angkatan 2010 dan perwakilan dari HMJ Tarbiyah serta HMPS PBA pada tanggal 14 februari 2010. Akhirnya dalam musyawarah tersebut memutuskan Sahabat Abdul Adhim sebagai ketua pertama Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam. Namun organisasi ini baru di sahkan pada tanggal 10 juni 2011 dengan surat keputusan nomor : Sti.20/C-II/PP.00.9/685/2010.
Meskipun organisasi ini tergolong masih muda, namun peran aktif Mahasiswa PAI mampu menjalankan roda organisasi dengan baik sehingga organisasi ini dapat mengadakan kegiatan baik bagi pengurus, anggota dan mahasiswa umum maupun pengabdian pada masyarakat.
Di luar kampus tepatnya pada periode kedua yang di ketuai sahabat khoirul anam, HMPS PAI mengikuti kongres pembentukan FORSIMA PAI SEJAWA dan sahabat Khoirul Anam terpilih sebagai salaha satu pengurus pusat di UIN Sunan Kali Jaga Jogjakarta. Di lanjutkan dengan Muswil Jateng di IAIN Wali Songo Semarang dan mencatatkan tiga perwakilan Pengurus HMPS PAI sebagai pengurus Wilayah Jawa Tengah.
VISI & MISI
VISI:
Membentuk karakter  calon pendidik yang kompeten, profesional, berwawasan global dan berhati ikhlas.
MISI:
1.      Mengoptimalkan SDM mahasiswa PAI
2.      Mengembangkan keahlian yang dimiliki para calon pendidik
3.      Menyelenggarakan kegiatan pengembangan  mutu calon pendidik
4.      Membentuk kepribadian mahasiswa PAI sesuai karakter islami
5.      Mengarahkan bakat minat mahasiswa PAI sesuai dengan potensinya
6.      Memberikan pengabdian pada masyarakat

Reaksi: