Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini * Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini

Thursday, June 26, 2014

UKK KSR PMII

1.      LATAR BELAKANG
SIAMO!
     Korps Sukarela (KSR) adalah kegiatan dari PMI, yang merupakan anggota remaja PMI. Anggota yang dididik agar menjadi manusia yang berkemanusiaan dan dipersiapkan sebagai kader PMI yang baik dan mampu melaksanakan tugas dan  kewajiban Kepalangmerahan.
UKK KSR-PMI Unit STAIN Pekalongan merupakan salah satu dari Unit Kegiatan Khusus (UKK) yang ada di STAIN Pekalongan yang bergerak secara khusus di bidang kesehatan, Kepalangmerahan, dan kemanusiaan. Kehadirannya secara nyata menjadi pendukung dalam pengembangan keilmuan akademik serta pemasyarakatan nilai-nilai persaudaraan dan kesetiakawanan sosial kemanusiaan di lingkungan STAIN Pekalongan pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
Pembinaan dan pengembangan Korps Sukarela diselenggarakan berdasarkan ketentuan pada buku pedoman KSR disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat sejalan dengan ketentuan AD/ART Penghimpun PMI serta pedoman PMI lainnya.

2.      SEJARAH BERDIRINYA
Proses berdirinya KSR-PMI Unit STAIN Pekalongan diawali dengan keprihatinan seorang perawat di klinik STAIN Pekalongan (Bapak Syarif Hidayatullah). Beliau (yang juga anggota KSR-PMI Banyumas) prihatin karena belum adanya Unit Kegiatan Mahasiswa yang berbasis kemanusiaan di STAIN Pekalongan. Padahal UKM KSR-PMI dirasa sangat penting keberadaannya.
Berangkat dari itu, beliau bersama teman-teman mahasiswa (yang diwakili oleh Nailis Zahra dan Mustakim) pada 2008 mengajukan pendirian UKM KSR-PMI Unit STAIN Pekalongan. Namun prosesnya tidak semudah yang dibayangkan, pengajuan pendirian tidak mendapat ijin dari Puket III (Drs. H. Aminudin). Seiring berjalannya waktu, akhirnya pada tahun 2010 terjadi pergantian kepemimpinan di STAIN Pekalongan, dan langsung mendapat dukungan penuh dari Puket III (Drs. H. Muslih Husein, M.Ag).
Pada tanggal 11 Juni 2011 UKM KSR-PMI Unit STAIN Pekalongan diresmikan pendiriannya, dan mengukuhkan Ahmad Rifqy Hanif sebagai komandan yang pertama. Pengajuan pendirian KSR-PMI Unit PT (Perguruan Tinggi) ini juga dikonfirmasikan kepada PMI cabang Kota Pekalongan sebagai induk organisasi dan pembina teknis kepalangmerahan di wilayah Pekalongan.
Pengukuhan pengurus yang pertama tersebut berlangsung pada 11 Juni 2011, sehingga pada tanggal tersebut dijadikan sebagai hari lahir KSR dan diperingati setiap tahunnya. Hadirnya KSR-PMI Unit STAIN Pekalongan merupakan satu-satunya Unit Kegiatan Mahasiswa berbasis kemanusiaan yang pertama kali terbentuk di lingkup Perguruan Tinggi di Kota Pekalongan.
UKM KSR-PMI Unit STAIN Pekalongan ditetapkan menjadi UKK (Unit Kegiatan Khusus) sejak tanggal 15 Maret 2013 melalui SK Ketua STAIN Pekalongan No.Sti.20.K-0/PP.00.9/956/2013.

3.      VISI DAN MISI
VISI UKK KSR-PMI UNIT STAIN PEKALONGAN
“ Menjadi unit kegiatan teladan di lingkungan STAIN Pekalongan yang memegang Tujuh Prinsip Kepalangmerahan dan Bulan Sabit Merah meliputi Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, dan Kesemestaan “

MISI UKK KSR-PMI UNIT STAIN PEKALONGAN
1.      Menjadi unit kegiatan mahasiswa di lingkungan STAIN Pekalongan yang aktif, disiplin, dan professional.
2.      Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan Kepalangmerahan dalam meningkatkan kualitas dan potensi anggota.
3.      Melakukan kerjasama organisasi baik intern dan ekstern di lingkungan kampus.
4.      Mengaplikasikan secara konsisten prinsip-prinsip dasar Gerakan Palag Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional dalam setiap kegiatan.

4.      LAMBANG DAN MOTTO ORGANISASI
Lambang organisasi UKK KSR-PMI Unit STAIN Pekalongan adalah sebagaimana gambar di bawah ini :


            Arti lambang organisasi :
1.      Dasar  warna hijau mengandung arti kedamaian
2.      Warna kuning pada garis lengkung melambangkan kemuliaan dan kebesaran pancasila
3.      Lima kelopak bunga teratai mengandung arti kepribadian yang luhur beralaskan pancasila
4.      Tujuh kelopak bunga wijayakusuma mengandung makna kehidupan yang berdasarkan 7 prinsip
5.      Tetesan darah merah pada salah satu kelopak bunga wijayakusuma mengandung arti panggilan jiwa untuk membantu sesama
6.      Logo PMI mengandung arti bahwa UKK KSR-PMI merupakan bagian dari PMI
7.      Dua buah canting melambangkan ikon kota Pekalongan
8.      Bintang putih melambangkan keyakinan kepada Allah SWT.
9.      Buku dengan jumlah lembaran ada 6 melambangkan keilmuan dengan banyak cabangnya
Tulisan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia melambangkan nama

Reaksi: