Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini * Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini

Sunday, April 19, 2015

HMJ SYARI'AH & EKONOMI ISLAM

       Assalamualaikum Wr. Wb
Segala puji dan syukur hanyalah milik Allah SWT Tuhan semesta alam yang melimpahkan rahmat dan ni’matnya. Shalawat dan salam kepada sang revolusioner sejati sepanjang masa baginda Nabi Muhammad saw.
Pada intinya dari dulu hingga kini sejarah menuturan, bahwa Mahasiswa sebagai penyandang predikat “educated high class” memiliki tiga fungsi/peranan strategis yaitu adalah mahasiswa sebagai director of change, social control, dan iron stock bangsa di masa depan.
1.    Sebagai director of change Mahasiswa merupakan golongan masyarakat yang bersinggungan langsung dengan kehidupan akademis dan politik, mendapatkan pendidikan tertinggi, dan punya perspektif luas untuk bergerak diseluruh aspek kehidupan, oleh sebab itu adanya miniature state dikalangan mahasiswa merupakan proses pembelajaran perubahan dalam pranata kehidupan masyarakat suatu bangasa.
2.    Sebagai social control Mahasiswa menjadi penengah atas realitas di masyarakat untuk menjaga keseimbangan sosial antara pemerintah sebagai pengelola dan rakyat sebagai yang dikelola.
3.    Sebagai iron stock Mahasiswa sdslsh bagian dari generasi masyarakat. Hal ini mengharuskan mahasiswa bisa masuk berpartisipasi dan mengembangkan ilmunya ke masyarakat dan lingkungannya. Mahasiswa diharapkan sebagai pencetus ide sekaligus eksekutor dari idenya, yang kemudian akan berpengaruh pada perubahan budaya, keadaan, atau sistem. Integrasi ketiga fungsi/peranan inilah yang kemudian melahirkan seorang “mahasiswa sejati”
Secara fundamentalis setiap mahasiswa dituntut untuk mewujudkan kedaulatan mahasiswa yang berarti suatu kondisi dimana mahasiswa benar-benar sebagai motor hidup kemajuan masyarakat/bangsa (kemajuan ilmu pengetahuan, hokum, riset, energy, ekonomi, social, politik, kebudayaan dan lainya).
Upaya dalam mewujudkan semua itu, sebuah miniature state(organsisasi logistic) dalam pergerakan mahasiswa yang kompetent sangat diperlukan. Himpunan Mahasiswa Jurusan Syariah (HMJ Syariah) STAIN Pekalongan 2014 merupakan paguyuban mahasiswa dalam rangka mengefektifkan kembali mahasiswa sebagai agent preasure (penguasa dimasa depan). Secara structural HMJ Syariah adalah lembaga kemahasiswaan tertinggi di Jurusan Syariah, dan merupakan induk dari tiga Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) yang ada di jurusan syariah yaitu; HMPS AS Ahwalus Syakhsiyyah(Hukum Keluarga islam), HMPS Ekonomi Syariah (Ekosy) dan HMPS Perbangkan Syariah (PBS).
Tri Dharma yang berisi pendidikan, penelitian, dan pengabdian merupakan dasar dibentuknya sistem perguruan tinggi, konsep tersebut dapat digunakan sebagai acuan utama untuk melihat kembali maksud dan tujuan mahasiswa, Meskipun  implementasinya sulit, keberadaan HMJ Syariah STAIN Pekalonga 2014 ini, memiliki alur dan tujuan untuk
mewadahi setidaknya berupaya mempersatukan aspirasi dan keinginginan mahasiswa yang berbeda-beda baik dari akademik dan lainya, dimana telah nyata dalam pembangunan dan menyatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI) ini, bahwa peran Subtansi Syariah dalam berbangsa dan bernegara sangat besar. Berdasar pada itulah HMJ Syariah STAIN Pekalongan 2014 dirasa ingin lebih memperhatikan peran mahasiswa syariah sebagai generasi masa depan. Dengan mengemban visi dan misi sebagai berikut:
VISI :
TERWUJUDNYA HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN SYARIAH YANG HARMONIS, KRITIS,  DAN MANDIRI, DALAM RANGKA MEWUJUDKAN JURUSAN SYARIAH YANG BERKUALITAS HINGGA MAMPU BERSAING DENGAN JURUSAN LAIN BAIK DALAM  MAUPUN DILUAR  LINGKUNGAN KAMPUS.

MISI :

1.      Membangun budaya diskusi sebagai wujud organisasi yang lebh aspiratif.
2.      Menjalankan program kerja HMJ  di tahun-tahun yang  sebelumnya yang belum terealisasi.
3.      Menjalin tali persaudaran dan solidaritas serta meningkatkan keakraban  yang baik antar angkatan di lingkungan kampus khususnya di lingkungan jurusan syariah.
4.      Melibatkan semua angkatan dalam setiap kegiatan yang dibuat oleh HMJ Syariah.
5.      Memperkenalkan HMJ Syariah STAIN Pkl kepada lapisan masyarakat.
 
Akhir kata ….  Ingaat kawaaand !!! Keadaan tak pernah salah, hanya kerugian besar bagi orang menyia-nyiakan keadan.
Pola pikir yang telah terkontaminasi oleh desakan sifat abstrak dari dalam diri inilah yang terkadang menjerumuskan kedalam lembah hitam, sifat-sifat hedonisme yang mengedepankan foya-foya dan kebahagiaan sesaat inilah yang menjadikan mata ini digelapkan pada penderitaan dan menjadi permasalahan generasi bangsa.
Bangsa ini menanti sebuah perubahan disegala bidang, kaum akademisi dituntut untuk berjalan mengukir karya perubahan yang amat dinantikan. Saatnya mahasiswa: BERJUAAAANG.!!!, BERUSAHAA…!!!, & BERKARYAAA..!!!
SYARIAH Bersatuuuu, Baaaaagkit, & Berjuaang !!!,
            Wallahulmuafiq Liaqwamit Thariq

            Wassalamualaikum Wr Wb

Reaksi: