Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini * Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini

Sunday, April 19, 2015

HMPS AKHLAK TASAWUF

PROFIL HMPS AKHLAK DAN TASAWUF
STAIN PEKALONGAN PRIODE 2014
Pada hakikatnya manusia merupakan makhluk hidup paling sempurna dan mulia di sisi Tuhanya. Namun satu sisi perlu di ingat bahwa manusia juga berpotensi menjadi makhluk yang paling rendah nilainya di alam raya ini, sebagaimana di sebutkan dalam Al-qur’an “Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang se baik-baiknya, kemudian kamu kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya” (QS. 95 : 4-5)
Berbagai potensi yang dimiliki manusia bila dikelola dengan baik sesuatu syariat maka akan menjadikan makhluk yang mulia dan berimplikasi pada kemajuan dan kemakmuran umat. Sebaliknya bila potensi itu di salahgunakan maka akan menjadikan manusia itu menjadi makhluk yang paling hina dan berimplikasi pada tereduksinya tataran dunia. Oleh sebab itu, islam memandang manusia sebagai komponen yang unik dan juga memerlukan sebuah pembinaan supaya menjadi insan yang mengenali posisi dirinya dihadapan makhluk lainya dan Tuhannya.
Bertolak dari keunikan manusia yang memiliki berbagai potensi itu, Program Studi Akhlak dan Tasawuf sebuah organisasi intra yang berada di dalam naungan HMJ Ushuluddin dan dakwah STAIN Pekalongan ini beserta mahasiswanya yang terhimpun dalam Himpunan Program Studi Akhlak dan Tasawuf atau yang di kenal dengan HMPS Akhlak dan Tasawuf STAIN Pekalongan, bertekad untuk mencetak para mahasiswa agar mampu mencapai tahap spiritual yang tinggi, meraih kesempurnaan rohani, mampu mengoptimalkan potensi dan juga menjadi insan-insan berkualitas yang mampu eksis dan berperan aktif dalam Memberikan perubahan kepada kehidupan yang lebih baik.
Sesuai dengan SK kementrian bahwa setiap PRODI harus memiliki HMPS, maka dari itu KAPRODI Akhlak dan Tasawuf merekomendasikan kepada HMJ  Ushuluddin dan Dakwah untuk mendirikan HMPS AT sebagai wadah berkreasi dan berinovasi Mahasiswa PRODI Akhlak dan Tasawuf, maka pada tanggal 22 Februari 2014, mahasiswa Akhlak dan Tasawuf melaksanakan deklarasi pembentukan HMPS AT yang menghasilkan M. As’ad sebagai ketua terpilih periode pertama secara demokrasi, sehingga orientasi arah tujuan, visi dan misinya jelas tersirat dalam benak para pendirinya.
Sebagai organisasi formal yang bercorak batiniyah, HMPS (AKHLAK dan TASAWUF) mempunyai kebijakan dan aturan tentang mekanisme dan struktur organisasi yang jelas. Menjadi indikator ataupun fasilitator  performal akademis maupun non akademis, praktis ataupun teoritis sebagai wujud pengabdian.

Adapun VISI dan MISI HMPS Akhlak Tasawuf Sebagai berikut:
Ø  VISI
«    Berdzikir, Berfikir dan Berakhlakul Karimah.
Ø  MISI
«    Membantu mahasiswa dalam pengkajian dan pengembangan ilmu dalam bidang Akhlak dan Tasawuf.
«    Menggali dan mengarahkan potensi mahasiswa menuju insan kamil
Ø  ARAH DAN TUJUAN HMPS AKHLAK DAN TASAWUF
«    Menumbuhkembangkan pemikiran islam yang responsif terhadap tantangan ke duniawian serta memiliki kontribusi dalam menyelesaikan problem moral kontemporer.

«    Mengaplikasikan ilmu akhlak dan tasawuf untuk meningkatkan taraf hidup mahasiswa kepada masyarakat.

Reaksi: