Select Menu

Headlines

Travel

Performance

Cute

My Place

Photo Gallery

Photo Story

Pojok TV

» »Unlabelled » ARAH GERAK DAN RENSTRA KABINET MERAH PUTIH 2015
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

ARAH GERAK SERTA RENCANA STRATEGIS
KABINET MERAH PUTIH
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA STAIN PEKALONGAN TAHUN 2015

    A.    PENDAHULUAN
Salam mahasiswa
Salam persatuan
Salam pergerakan
Salam Rahmatan Lil’alaminn
Labib Maimun (Presiden BEM 2015)
Amanat undang-undang sikdiknas no 20 tahun 2003, telah tegas menyatakan bahwa” perguruan tinggi berkewajiaban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat” yang kita kenal dengan nama tridarma perguruan tinggi, disitu sudah jelas, pendidikan, penilitian, pengabdian merupakan tiga mata rantai yang tidak bisa putus sama lain, harus berjalan beriringan, dan kampus sebagai tempat produksi gagasan-gagasan yang berujung pada kemaslakhatan sosial. Seharusnya mampu mencetak mahasiswa-mahasiwa revolusioner yang sesuai dengan amanat tridarma perguruan tinggi
 Maka dari itu Mahasiswa yang mempunyai citra religius, citra intelektual dan citra sosial, di tuntut mengembangkah ilmu pengetahuanya tanpa dibatasi dengan sekat-sekat yang membelenggunya, mahasiswa harus diberikan kebebasan dalam berfikir dan bertindak, Sehingga mahasiswa terpantik untuk belajar kapanpun, dimnapun dan dengan siapapun, mahasiswa sebagai kaum terdidik harus senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai problem solver dalam persoalan-persolan kebangsaan, bagaikan dokter yang mampu mendiagnosa penyakit,  jangan sampai mahasiswa menjadi touble maker dalam setiap peroalan kebangsaan. Tapi mampu membaca realitas kemudian di tuangkan diatas kertas, Mengabdi adalah proses pengejawantahan ide, pemikiran dan gagasan, sangat naif ketika berpikir tanpa bertindak, berpikir tanpa bergerak. Mahasiswa disebut sebagai agen perubahan merupakan urat nadi dalam kehidupan, tidak layak disebut mahasiswa, ketika ia hanya duduk manis mendengarkan ceramah dosen, tanpa peduli dengan rintih-rintih penderitaan saudara-saudara yang membutuhkan, sebagaimana  kita ketahui bersama juta’an anak bangsa sampai hari ini terjerat dalam kemiskinan setruktural, tergusur oleh ekonomi kapital, sementara elik penguasa terperangkap dalam jabatanya, korupsi menjahi hal biasa, kejahteraan, hampir tidak ada dalam dalam kamus keindonesiaan.
Untuk mewujudkan cita-cita diatas butuh perjuangan, pengabdian dan rencana strategis yang matang sehingga apa yang kita lakukan kedapan sudah ada dasar untuk melangkah, sebagai satu upaya mewujudkan pemerintahan mahasiswa yang revolusioner, karena ukuran keberhasilan pemerintahan mahasiswa bisa dilihat dari rencana strategis yang telah dibuat.
 Pemerintahan mahasiswa dalam hal ini adalah badan eksekutif mahasiswa(BEM) stain pekalongan sebagai badan eksekutif tertinggi dan menjadi  penggerak roda mahasiswa intra kampus, dalam mewujudkan cita-citanya BEM menyusun kabinet yang terdiri dari presiden dan wakil presiden, mentri dan wakil mentri dan sekertaris, bendahara beserta stafnya yang kemudian kita beri nama kabinet “MERAH PUTIH”
Dalam kabinet yang disusun ini, BEM Berusaha mewujudkan pemerintahan mahasiswa yang revolusioner dan mampu memberntuk mahasiswa yang berbudi luhur, cakap, ahli di bidangya serta mampu mengawal dan bertanggungjawab atas keutuhan NKRI.
B.     REKOMENDASI
“Mempersatukan tujuan bersama dalam bingkai pemerintahan mahasisawa stain pekalongan yang disesuikan dengan tridarma perguruan tinggi”

C.     TIGA ASPEK DALAM RANCANGAN STRATEGIS
1.      FUNDAMENTAL
a.       Mandat
“Berperan aktif dalam mewujudkan mahasiswa stain pekalongan yang memimiliki citra religius, citra intelektual dan citra sosial”
b.      Visi
“Menjadi Badan eksekutif mahasiswa (BEM) yang revolusioner, cakap dan berbudi luhur”
c.       Misi
·         pengawalan kebijakan-kebijakan kampus untuk kebermanfaatan mahasiswa
·         mengadakan kegiatan yang bernafas intelektual, religius dan sosial
·       membangun jarinngan seluas-luasnya dalam miningkatkan progresifitas mahasiswa dan kampus tercinta STAIN Pekalongan
2.      STRATEGI
a.       Tujuan Strategi
·         Berkembangnya ilmu-ilmu keislaman dan pengetahuan umum untuk meningkatkan kapasistas mahasiswa sesui amanat teridharma perguruan tinggi  yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian.
b.      Isu-Isu Strategi
·         Membangun dan meningatkan budaya membaca, diskusi dan menulis mahasiswa
·         Terciptanya  budaya kegiatan ilmiah dikampus
·         Menyelenggrakan ajaran-ajaran islam indonesia dikampus
·         Membangun komunikasi di internal maupun eksternal kampus
c.       Sasaran Strategi
·         Mahasiswa stain pekalongan
·         Birokrasi kampus stain pekalongan
·         Organisasi intra maupun ekstra kampus yang ada di stain pekalongan
·         Lembaga pemerintah setempat
3.      OPERASIONAL
Dari rencana strategis inilah kemudian menghasilkan beberapa program kerja yang akan kami laksanakan dalam jangkan waktu satuperiode kedepan.



-

About Pojok Pekalongan

Pojok Pekalongan merupakan website berupa berita dan stok foto seputar Pekalongan dan sekitarnya. Kami ada dilatarbelakangi dari perkumpulan blogger yang tersebar di Kota Pekalongan yang berusaha mengembangkan bakatnya di bidang jurnalistik dan fotografi. Semoga kami terus berusaha memberikan yang terbaik untuk pekalongan dan sekitarnya terlebih untuk Indonesia.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post