Pendahuluan
Secara historis bahwa sisi dari nilai
organisasi tidak lepas dari latar belakang namanya, yang dalam hal ini Himpunan
Mahasiswa Jurusan Tarbiyah secara tersirat berkaitan penuh dengan nilai, norma,
dan dasar pendidikan islam yang aktif, partisipatoris, dan kritis
transformatif. Secara tidak lepas dari basis islam rahmatallil’alamin yang
dikumandangkan oleh visi STAIN Pekalongan.
HMJ Tarbiyah sebagai
organisasi formal bagi mahasiswa Tarbiyah mempunyai kebijakan dan aturan yang jelas
tentang mekanisme dan struktur organisasi, menjadi mediator bagi persoalan
akademis maupun non akademis.
History
HMJ
Tarbiyah didirikan pada tahun 2002 dengan beberapa tokoh aktifis kampus yang
telah rela mengabdikan dirinya dengan menjabat sebagai Ketua HMJ Tarbiyah STAIN
Pekalongan antara lain:
1. M.
Lukman Hakim 2002
- 2003
2. Abi Sofyan 2003
- 2004
3. M. Fauzi 2004
- 2005
4. Amin
Sugiarso 2005
- 2006
5. M. Ghufron
Dimyati 2006
- 2007
6. AgusMaimun 2007
- 2008
7. Ibadurrahman 2008
- 2009
8. Hasyim 2009
- 2010
9. M.
Akhsan 2010
- 2011
10. Abdullah 2011
11. Fitriyani 2012
12. Ainun Najib 2013
13. Slamet Nur Chamid 2014
Arah dan Tujuan
HMJ Tarbiyah periode 2014 ini mempunyai arah untuk melebarkan sayapnya dengan menjalin hubungan
silaturahmi, dan mampu mengayomi HMPS-HMPS yang ada dibawahnya.
Menyongsong Generasi Tarbiyah yang berkarakter, berkualitas dan
profesional yang
mampu mengamalkan nilai-nilai pendidikan. Terwujudnya
pertumbuhan dan perkembangan budaya mahasiswa yang mengedepankan religiusitas,
intelektualitas, serta mempunyai kepekaan sosial yang tinggi sehingga terbentuk
masyarakat yang akademis yang memiliki etika sosial, etika ilmu, dan etika
profesi yang kuat.
Visi dan Misi
Visi :
(Sinergis,Edukatif,Revolusioner, Agamis, Solutif, danInovatif)
Misi :
· Menjadikan HMJ Tarbiayah
sebagai wadah, penghubung antara
jurusan tarbiyah dengan mahasiswa tarbiyah tanpa tendensi
· Mewujudkan
mahasiswa yang akan berpartisipasi terhadap kependidikan masyarakat mahasiswa
· Meningkatkan kesadaran
mahasiswa sebagai insan agamis (yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur islam)
· Tanggap akan kebutuhan akademis mahasiswa tarbiyah pada khususnya
· Mengutamakan satu kesatuan dan kesepahaman nalar ilmiah yang menuju
islam rahmatan lil alamin.