Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini * Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini

Wednesday, June 25, 2014

UKK KOPMA

1.      Sejarah KOPMA
            Berdiri pada tanggal 11 September 1998 didirikan pada masa kepemimpinan Ibu Eva Rusdiani dan pada tanggal 3 Desember 1999 memperoleh badan hukum dengan nomor: 093/BH/KWK:11-33/XII/1999. Pada masa kepemimpinan selanjutnya pad tahun 2002 KOPMA STAIN Pekalongan bergabung menjadi anggota resmi DEKOPIN (Dewan Koperasi Indonesia). Pada masa kepemimpinan M. Syukron Makmur pada Juni 2005 memperoleh SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan). Setelah kepemimpinan yang berlangsung lama tersebut banyak prestasi yang diperoleh dan hingga sekarang masih berjalan beberapa usaha dan menjadikan KOPMA STAIN Pekalongan sebagai satu-satunya UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang eksis di bidang perekonomian Mahasiswa.
2.      Visi KOPMA STAIN Pekalongan
            Menjadikan KOPMA STAIN Pekalongan sebagai badan usaha yang mandiri dan mampu menjadi wahana pengembangan dan pengkaderan kewirausahaan melalui latihan-latihan dan pemberdayaan unit-unit usaha secara dinamis dan tepat guna.
3.      Misi KOPMA STAIN Pekalongan
1.         Menjadikan KOPMA STAIN Pekalongan sebagai lembaga peningkatan kesejahteraan mahasiswa melalui kegiatan dan usaha koperasi yang dilakukan dengan badan hukum yang dimilikinya untuk memenuhi kebutuhan anggota dan membantu kelancaran proses studi.
2.         Menjadikan KOPMA STAIN Pekalongan sebagai wadah perjuangan untuk turut aktif memperjuangkan demokrasi ekonomi yang bebas kerakyatan.

4.      Dinamika Lembaga
1.         L-DIKLATKOP (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Koperasi)
2.         L-PBM (Lembaga Pelatihan Bakat dan Minat)
3.         L-PKM (Lembaga Pers Koperasi Mahasiswa)
4.         LKS (Lembaga Kopma Sport)

5.      Program Kerja KOPMA STAIN Pekalongan

1.         PDKK Susulan XVII
2.         Dikmen
3.         Entrepreneur School
4.         SOSMABA
5.         PAB
6.         PRA-PDKK & PDKK XVIII
7.         PDKK  Susulan
8.         KOPMA EXPO
9.         RAT

Berikut adalah sejarah ketua Koperasi Mahasiswa STAIN Pekalongan sejak didirikan di STAIN Pekalongan sejak didirikan di STAIN Pekalongan:
1.         Eva Rusdiani, sebagai pendiri sekaligus ketua umum pertama Kopma STAIN Pekalongan
2.         Azizun Khakim, penerus dari Ibu Eva Rusdiani pada periode 2002/2003
3.         Suyanto, ketua Kopma pada periode 2003/2004
4.         Syukron Makmur, ketua Kompa yang pertama kali bergelar direktur Kopma sekaligus pada masanya menjadikan masa keemasan Kopma pada periode 2004/2006
5.         Suhirman, penerus dari ketua Kopma sebelumnya dan pada zaman ini direktur Kopma diubah kembali namanya menjadi ketua kopma pada masa jabatan 2007/2008
6.         Khusnul Khotimah, merupakan ketua umum wanita setelah ibu Eva Rusdiani. Pada masa ini Kopma merupakan masa transisi yang di dalam kepengurusannya mayritas adalah kader koperasi wanita pada periode 2008/2009
7.         Siti Khaeriyah, ketua Kopma wanita ketiga. Pada masanya mulai terjadi pemindahan kantin Kopma ke dalam graha mahasiswa, hal ini menyebabkan penurunan yang sangat besar dan kerugian serta degradasi yang sangat hebat. Pemindahan tersebut dikarenakan didirikannya gedung baru untuk perkuliahan. Hal ini terjadi pada periode 2009/2010.
8.         M. Rifa’i, ketua Kopma termuda, dikarenakan pada awal diangkat masih menjalani perkuliahan di semester keempat.
9.         Ryan Septyanto, ketua Kopma termuda kedua pada periode 2011/2012, sama dengan ketua Kopma sebelumnya yang masih menjalani akademisi pada semester keempat.
10.     Iman Santosa, ketua Kopma periode 2012/2013. Pengembangan untuk unit usaha yang lebih luas dan lebih mensejahterahkan anggotanya. Masanya adalah masa menuju kebangkitan KOPMA ditandai dengan bertambahnya beberapa unit usaha.
11.     Nunung Nurjanah, ketua umum saat ini. Yang masih menjalani akademisi pada semester keempat, yang sedang berupaya mengembangkan KOPMA agar lebih baik lagi.

            Kopma pada saat ini telah banyak mengalami jatuh bangun yang membuat kedewasaan pengurus menjadi lebih matang. Berbekal jaringan yang telah dibuat oleh pendahulunya, KOPMA saat ini telah mencapai link yang hampir merata pada lingkup nasional, tidak hanya berperan aktif dalam koperasi pemuda di kota Pekalongan saja namun di kancah nasional.

            Menjalin hubungan baik dengan perorangan maupun perusahaan dan instansi pemerintahan kini, seperti menjalin hubungan baik dengan dewan koperasi daerah kota Pekalongan, dinas perdagangan, perkoperasian dan industri dan UMKM, pemerintah daerah, Koperasi Pemuda Indonesia, Dewan Koperasi Indonesia, FKKMI, bahkan hingga ke Menteri Koperasi. Tak sedikit pula dari universitas lain seperti UNNES, IAIN Walisongo, UIN Sunan Kalijaga, UNY, UGM, UNS, dan yang lainnya telah menjadi partner kami dalam kegiatan perkoperasian.

Reaksi: