Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini * Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini

Thursday, June 26, 2014

UKM GEMALAWA

1.      Sejarah
Organisasi atau Unit Kegiatan Greget Mahasiswa Pecinta Alam Walisongo yang kemudian disingkat GEMALAWA dibentuk pada tanggal 6 Januari 1992 di Kawah Sikidang, Kawasan Obyek Wisata Dieng (kawah sikidang) oleh 22 Mahasiswa Fakultas Syari’ah IAIN Walisongo angkatan 1992 (yang sekarang STAIN Pekalongan).  GEMALAWA yang pada hakikatnya juga sebagai UKM pertama yang berdiri di STAIN Pekalongan, maka tidak dapat dipungkiri lagi bahwa GEMALAWA merupakan kiblat bagi organisasi intra yang berbentuk UKM di STAIN PEKALONGAN.UKM yang berada di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa ini bersifat “kemahasiswaan, kekeluargaan, keagamaan dan kreatifitas serta independent.

2.      Tujuan
GEMALAWA adalahsebuah unit atau wadah bagi mahasiswa yang masih peduli terhadap alam yang dititipkan oleh Allah SWT. Tujuan utama dari GEMALAWA yaitu terbentuknya mahasiswa yang bertaqwa kepada Allah SWT, berkepribadian, berbudi luhur serta cakap dan cinta alam kepada semesta untuk mencapai cita-cita dan berpegang teguh pada sumpah ikrar GEMALAWA dan kode etik Pecinta Alam Indonesia.
Selain tujuan utama tadi, UKM GEMALAWAjuga mempunyai tujuan lain yaitu :
a.       MembentukMahasiswamenjadiinsan yang bertaqwakepada Allah SWT.
b.      Melaksanakan Tri Dharma PerguruanTinggi.
c.       Menyiapkan dan membentuk calon anggota dan anggota agar terbentuk kader-kader pemimpin yang tangguh yang berwawasan lingkungan hidup, kreatif, inovatif, dinamis dan bertanggungjawab serta cinta pada alam semesta.
d.      Meningkatkan kerjasama dengan pihak STAIN PEKALONGAN untuk pengembangan dalam bidang lingkungan di STAIN PEKALONGAN.
e.       Meningkatkan kerjasama dengan instansi dan lembaga yang peduli terhadap kelestarian lingkungan.
f.       Terciptanyapribadidan mental yang tangguhbagianggota UKM GEMALAWA yang diharapkan dapat mengemban tugas kelestarian alam.
g.      Terbentuknyajiwaintelektual yang berwawasanlingkungan.
h.      Terbentuknya atlit yang kompeten dan tangguh dalam olah raga panjat tebing, yang nantinya siap mewakili STAIN PEKALONGAN di berbagai ajang kompetisi panjat tebing dan wall climbing.
i.        Menjadi penghubung aspirasi mahasiswa pada umumnya di bidang lingkungan di STAIN PEKALONGAN.
j.        Mengembangkan dan menyebarluaskan sosialisasi terhadap pelestarian lingkungan, serta mengupayakan solusi dan aksi terhadap masalah-masalah lingkungan yang ada.
k.      Mengembangkan budaya riset bagi anggota UKM GEMALAWA pada khususnya, dan semua mahasiswa STAIN PEKALONGAN pada umumnya.

3.      Bentuk Kegiatan
Adapun kegiatandari UKM GEMALAWA sendiri ada dua sifat, yaitu pertama kegiatan yang bersifat petualangan (adventure), biasanya dilakukan di alam bebas meliputi :mendaki gunung (mountenering), susur pantai, susur gua (caving), panjat tebing (rock climbing), panjat dinding (wall climbing), SAR (Search And Rescue), penjelajahan hutan, arung jeram dan kegiatan yang bersifat outbond lainnya. Kedua yaitu kegiatan yang bersifat social kemasyarakatan seperti bakti sosial, substansinya kepada pengabdian masyaraka tsecara langsung. Hal ini merupakan bentuk eksistensi akan keberadaannya sebagai organisasi yang bermotto “Bercinta Untuk Semesta, Berkarya Untuk Bangsa dan Berjuang Untuk Agama”.

4.      Kedudukan
Organisasi atau UKM Mahasiswa Pecinta Alam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan yang bernama Greget Mahasiswa Pecinta Alam Walisongo disingkat GEMALAWA, dan yang berkedudukan di SekolahTinggi Agama Islam Negeri Pekalongan, Jalan Kusuma Bangsa No. 9 STAIN Pekalongan.

5.      Visi UKM GEMALAWA
Visi UKM GEMALAWA adalah sebagai organisasi terdepan dalam mengembangkan kualitas keilmuan dan kepribadian yang berwawasan alam sebagai sumber inspiratif serta aplikatifnya.

6.      Misi UKM GEMALAWA
Misi UKM GEMALAWA adalah:
a.       Membentuk kader-kader pemimpin yang berwawasan lingkungan hidup, kreatif, inovatif, dinamis dan bertanggungjawa bserta cinta pada alam semesta untuk mencapai cita-cita dan berpegang teguh pada sumpah ikrar GEMALAWA dan janji pecinta alam Indonesia.
b.      Mengembangkan kualitas anggota GEMALAWA di dalam praktik keilmuan, serta aplikasinya yang berwawasan lingkungan hidup.
c.       Mengembangkan budaya riset yang berwawasan lingkungan.
7.      Arah PengembanganOrganisasi
Arah pengembangan organisasi UKM GEMALAWAadalah:
a.       Membentuk kader-kader pemimpin yang tangguh yang berwawasan lingkungan hidup, kreatif, inovatif, dinamis dan bertanggungjawab serta cinta pada alam semesta.
b.      Peningkatan peran UKM GEMALAWA dalam pengembangan STAIN PEKALONGAN dalam bidang lingkungan hidup.
c.       Peningkatan peran UKM GEMALAWA di lingkup kota PEKALONGAN dalam bidang lingkungan hidup.
d.      Peningkatan pengembangan anggota UKM GEMALAWA dalam kecakapan hidup di alam (hutan, gunung, sungai, dll).
e.       Pengembangan kajian metodologis dan riset terhadap masalah lingkungan hidup.
f.       Peningkatan kualitas anggota UKM GEMALAWA dalam praktik keilmuan serta aplikasinya yang berwawasan lingkungan hidup.
g.      Pengembangan dan peningkatan anggota UKM GEMALAWA dalam kegiatan panjat tebing.

Reaksi: