Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini * Selamat Datang di Website BEM STAIN Pekalongan. segala informasi ada disini

Thursday, June 26, 2014

UKM Music El Fata

1.      Sekilas Profil

Musik adalah salah satu media ungkapan kesenian, musik mencerminkan kebudayaan masyarakat pendukungnya. Di dalam musik terkandung nilai dan norma-norma yang menjadi bagian dari proses enkulturasi budaya, baik dalam bentuk formal maupun informal. Musik itu sendiri memiliki bentuk yang khas, baik dari sudut struktural maupun jenisnya dalam kebudayaan. Demikian juga yang terjadi pada musik dalam kebudayaan masyarakat melayu.
Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (1990 : 602). Musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara diutarakan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).
Sebagai UKM yang membidangi Musik, El-Fata memiliki berbagai divisi musik. Awal terbentuknya UKM Musik El-Fata pada Hari senin, tanggal 18 mei 2009 oleh para Mahasiswa pecinta Shalawat dan merupakan sebuah wadah yang membidangi seni Musik Islami seperti Shalawat Shimtud Duror, Maeawis, dan Gambus. Nemun sehubungan dengan banyaknya usulan dan saran yang diterima, maka UKM Musik El-Fata berusaha untuk menambahkan bidang musik yang lain yaitu: Musik Band dan Paduan Suara, dan Alhamdulillah hal itu telah mendapat restu dari Ketua dan Puket III STAIN Pekalongan.
Dan karena menjadi satu-satunya UKM Musik diantara UKM Musik PTAI se-Jawa yang membimbing banyak jenis Musik terutama musik Islaminya, maka El-Fata mendapat julukan UKM Musik “plus”.

Akhirnya kini UKM Musik El-Fata mempunyai lima bidang musik, yaitu :

1.      Shalawat Shimtud Duror (Rebana)
2.      Musik Gambus
3.      Marawis
4.      Musik Band
5.      PSM (Paduan Suara Mahasiswa)

Ø  Shalawat Shimtud Duror, Musik Gambus, Marawis
Seni musik yang bergenre musik Islami ini telah menjadi ciri khas bagi UKM Musik El-Fata karena telah melanglang buana ke berbagai daerah di pekalongan, batang, pemalang dan sekitarnya, terutama pada musik gambusnya. El-Fata sering mendapatkan panggilan manggung mengisi acara-acara di luar kampus.
Ø  Musik Band
Musik yang banyak digemari oleh kaum remaja ini sengaja El-Fata munculkan, karena sehubungan semakin tingginya minat mahasiswa STAIN Pekalongan terhadap Musik, dan juga karena adanya usulan dan saran yang diterima. Dan syukur alhamdulillah El-Fata dapat merealisasikannya setelah mendapat persetujuan dari Ketua dan Puket III STAIN Pekalongan.
Selain itu, UKM Musik El-Fata juga ikut dalam komunitas Musik bersama dengan UKM Musik PTAI se-Jawa, diantaranya UKM Musik IAIN walisongo Semarang, RIAK Comunity UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, SMC STAIN Salatiga, G21 IAIN Surakarta, UKM Musik STAIN Kudus, UKM Musik STAIN Kediri, UKM Musik STAIN Ponorogo, UKM Musik IAIN Surabaya, dan UKM Musik STIENU Jepara yang saling mengundang untuk kumpul dalam sebuah acara musik tentunya.
UKM Musik El-Fata juga pernah mengadakan sebuah acara denga nama parade Musik STAIN 2011 pada tanggal 8-9 Oktober 2011 yang diikuti oleh grup Band Perguruan tinggi se-Pekalongan. UKM Musik El-fata juga pernah mengadakan Parade Band dalam rangka memperingati Ulang Tahun UKM Musik El-Fata yang ke-3yang dilaksanakan pada 14 Mei 2012, yang diikuti oleh SMA se-pekalongan, Universitas se-Pekalongan dan PTAI se-Jawa.
Ø  Paduan Suara Mahasiswa (PSM)
Jenis Musik yang memadukan berbagai jenis vokal penyanyi yaitu : Bass, Tennor, Alto, dan Sopran ini diadopsi dari IMC ( Indonesian Muslim Choir ). IMC ini beranggotakan PTAI se-Jawa diantaranya PSM Gita Savana UIN Sunan Kalijogo Yogyakarta, PSM Syarif Hidayatullah Jakarta, PSM IAIN Walisongo Semarang, PSM STAIN Salatiga, PSM STAIN Kudus, PSM STIENU Jepara, PSM STAIN Kudus, PSM STAIN Ponorogo, PSM IAIN Surabaya, PSM IAIN Surakarta. UKM Musik El-Fata pernah mengikuti konser IMC se-Jawa yang dilaksanakan di STAIN Salatiga. 


Sejarah UKM Seni Musik El-Fata STAIN Pekalongan

      Sejarah terbentuknya UKM Seni Islami EL-Fata pada Hari Senin 14 mei 2009 yang di dirikan oleh beberapa Mahasiswa Pencinta Shalawat dan Musik Islami yang berupa seperti Marawis,Gambus,Simtudduror.
      Nur Qomar, Roisul Bahtiar, Moh. Fawaid, M. Yusuf adalah nama nama Pendiri/Penggagas terbentuknya Nama UKM Seni Islami Di Stain Pekalongan.
      Seiring berjalannya waktu UKM Seni Islami mencoba mengembangkan jenis bidang musik yang berbeda,seperti Bidang Musik Band dan Paduan Suara Mahasiswa.Awal mula bertambanhya bidang musik yaitu berasal dari usulan,saran,keluhan dari beberapa teman teman mahasiswa.
      Bidang Musik Band dan Paduan Suara Mahasiswa resmi terbentuk dan di sepakati oleh Rektor Stain Pekalongan pada akhir tahun 2011, Dan di awali penampilan Perdana Paduan Suara Mahasiswa pada acara Wisuda Stain Pekalongan 2011.
      Fatkhul Mukmin dan Muchzidin adalah salah seorang Penggagas Bidang Musik Band dan Paduan Suara Mahasiswa,pada suatu kesempatan UKM Seni Islami Mencoba Mengenalkan diri ke UKM Musik IAIN Semarang untuk menambah Link kami,dan akhirnya kita bisa masuk dalam Comunitas PTAIN SE-Jawa yang Anggotanya diantaranya UKM Musik IAIN walisongo Semarang, KMM RIAK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, SMC STAIN Salatiga, UKM Gas21 IAIN Surakarta, UKM Musik STAIN Kudus, UKM Musik STAIN Kediri, UKM Musik STAIN Ponorogo, UKM Musik IAIN Surabaya, dan UKK USB UNISNU Jepara yang saling mengundang untuk kumpul dalam sebuah acara musik tentunya.
      Pada awal tahun 2012 UKM Seni Islami resmi berganti nama menjadi UKM Seni Musik EL-FATA,dan satu-satunya UKM yang membidangi Musik di STAIN Pekalongan.
      Divisi Divisi UKM Seni Musik EL-FATA :
1.      Divisi Marawis&Gambus
2.      Divisi Simtudduror
3.      Divisi Paduan Suara Mahasiswa
4.      Divisi Band
 

Reaksi: