Select Menu

Headlines

Travel

Performance

Cute

My Place

Photo Gallery

Photo Story

Pojok TV

» » » UKM SIGMA
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

DISKRIPSI ARAH DAN TUJUAN ORGANISASI
            UKM SIGMA merupakan satu-satunya UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa ) di STAIN Pekalongan yang membahas mengenai gender. SIGMA  pada awalnya bernama PSW (Psusat Studi Wanita ) yang berdiri sejak tahun 1998 dengan bimbingan Ibu. Hj. Siti Qomariyah, M.A. PSW berubah nama menjadi SIGMA seiring dengan maraknya isu tentang gender  pada waktu itu.
            Meskipun membahas tentang gender, UKM SIGMA bukanlah merupakan satu bentuk feinisme yang seslalu mengedepankan dan menyerukan emansipasi versi Barat. Melainakna selalu berusaha mengkaji dan mendiskusikan permasalahn gender. Dan bukan hanya mendiskusikan saja yang akhirnya menjadi sebuah wacana, namun juga hanya mencari solusi bersama kondisi riil yang ada di masyarakat.
            SIGMA tidak selalu identik dengan kaum hawa, tetapi pada dasarnya terbuka untuk semua mahasiswa lebih luasnya untuk kaum adam karena gender bukanlah milik wanita dan masih menyimpan banyak persoalan dan pemahaman agar perubahan yang diharapkan dapat disadari dan diformulasikan bersama.
            Adapun visi dan misi UKM SIGMA adalah sebagai berikut “
  1. VISI :
“Terwujudnya sistem kampus yang demokratis yang menjunjung tinggi nilai-nilai kesetaraan gender”
  1. MISI :
“Pemberdayaan, pengorganisasian dan penguatan keilmuan mahasiswa melalui pemahaman gender, HAM dan penegakan demokrasi menuju kesadaran gender dengan kemampuan pengembangan SDM”.
      Tujuan UKM SIGMA STAIN Pekalongan adalah pemahaman tentang gender yang sesungguhnya bagi mahasiswa dengan berbagai sudut pandang, baik politik, sosial, budaya dan agama. Sehingga terbentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah S.W.T, Peka terhadap persoalan masyarakat yang berhubungan dengan deskriminasi, keadilan dan kesetaraan antara manusia laki-laki dan perempuan serta dapat berperan aktif menciptakan kehidupan yang berkeadilan di masyarakat
      Dalam kepengurusan sekarang ini, UKM SIGMA berusaha mengembangkan program-program pengurus sebelumnya agar lebih baik dan berusaha membuka jaringan – jaringan dari pihak luar kampus (eksternal) yang konsen terhadap masalah gender dalam rangka mengembangkan UKM SIGMA agar lebih baik serta mewujudkan kesetaraan gender. Selain itu pada periode ini UKM SIGMA juga fokus terhadap program internal yaitu mengembangkan kualitas keilmuan pada pengurus maupun anggota UKM SIGMA STAIN Pekalongan tentang pemahaman gender.

About Pojok Pekalongan

Pojok Pekalongan merupakan website berupa berita dan stok foto seputar Pekalongan dan sekitarnya. Kami ada dilatarbelakangi dari perkumpulan blogger yang tersebar di Kota Pekalongan yang berusaha mengembangkan bakatnya di bidang jurnalistik dan fotografi. Semoga kami terus berusaha memberikan yang terbaik untuk pekalongan dan sekitarnya terlebih untuk Indonesia.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post